Makanan khas India Populer

Makanan khas India Populer

12 Makanan Khas India Populer di Dunia

India dikenali selaku salah satunya negara yang punyai banyak macam makanan khas yang sangatlah populer di dunia.

Makanan ciri khas India juga diterima global. Jadi tidak sulit mendapati makanan India di sejumlah negara. Umumnya restaurant-restoran India di luar negeri sediakan menu favorite seperti 25 masakan India ini.

Baca Juga: Makanan Ciri khas Jepang

Dimulai dari makanan dasar India seperti nasi biryani sampai cemilan ciri khas India yang sangat populer seperti panipuri.

Biryani

Biryani adalah sajian berbentuk nasi yang diolah dengan bumbu rempah ciri khas India. Proses pengerjaan kulineran ini benar-benar unik. Pertama, beras yang telah bersih direbus di panci, tanpa ada kombinasi bumbu. Kalau sudah 1/2 masak, baru ditambah kaldu berbumbu dan didiamkan sampai kaldunya menyerap. Sesudah masak, siap disuguhi bersama bahan pendamping, yaitu sayur dan daging.

Sesungguhnya hidangan yang namanya lain Beriani atau Biriani itu bukan hanya dijumpai di India, tetapi di teritori Asia Selatan, seperti Nepal, Bangladesh, Pakistan dan Sri Lanka. Bahkan juga di Malaysia dan Indonesia, Biryani ada di restaurant-restoran ciri khas Timur tengah.

Ayam Tandoori

Ayam Tandoori adalah makanan ciri khas India yang terpopuler di beberapa negara lain. Ada filosofi dibalik namanya yang unik. Sajian ini melalui proses yang diberi nama tandoori, yaitu langkah mengolah bahan makanan dengan membuat bumbunya menyerap prima, lalu dipanggang dalam oven bertemperatur tinggi atau capai 300o Celcius. Sistem mengolah semacam ini sudah dikerjakan oleh negara lain untuk bahan khusus kecuali ayam.

Hidangan itu mempunyai rasa yang sedap sebab memakai bermacam bumbu dan rempah opsi, seperti garam masala, garam bubuk, minyak mustard, bubuk cabai, bubuk jinten, bubuk ketumbar, yoghurt dan kasoori methi (bumbu ciri khas India).

Rajma Masala

Untuk yang lagi diet, dapat coba makanan India namanya Rajma Masala ini. Umumnya, banyak orang India konsumsi beberapa bijian selaku menu diet. Rajma Masala sendiri mengarah pada kacang merah. Sajian itu kerap dikonsumsi bersama roti dan chapati. Tak perlu ke India untuk mencicipinya, Anda dapat membuat kulineran simpel ini di dalam rumah. Cukup rebus bahan khusus, yaitu kacang merah dan mengosengnya dengan bumbu-bumbu yang terdiri dari jinten, garam masala, bubuk cabai dan kunyit.

Laddu

Makanan ini mempunyai cita-rasa manis sebab memiliki bahan khusus tepung dan gula. Tepung yang dipakai ialah tepung gandum kasar. Disamping itu, tepung kacang panjang dan kelapa biasa diputuskan selaku bahan baku Laddu. Saat sebelum adonan dibuat dan dimasak, umumnya dibaluri ghee (mentega ciri khas India) lebih dulu.

Jajanan ini kerap disuguhi selaku sajian penutup di acara perayaan atau keagamaan, seperti Idul Fitri. Karena sangat sedapnya, kabarnya Bhima, salah seorang figur dalam cerita Mahabharata demikian jatuh cinta dengan makanan itu.

Kheer

Sama dengan Indonesia, makanan dasar warga India ialah beras. Di Tanah Hindustan itu bahkan juga lumayan banyak hidangan yang memiliki bahan khusus beras, diantaranya ialah Kheer. Dessert ini dibuat dari kombinasi beras, tepung tapioka, tepung gandum, gula dan susu. Agar wewangian dan rasanya lebih lezat, adonan Kheer dikasih rempah-rempah opsi seperti kunyit dan kapulaga.

Pulao

Pulao adalah kulineran ciri khas Negara Bollywood yang serupa dengan Biryani. Tetapi, ada tiga hal yang membandingkan ke-2 nya. Pertama, Briyani ialah makanan khusus yang disajikan bersama bermacam lauk, sedang Pulao malah jadi hidangan pendamping menu khusus. Ke-2 , Nasi Biryani dan bahan pendampingnya yang berbentuk daging dan sayur diolah secara terpisah, sesaat Pulao digabung jadi satu. Makanan yang namanya lain Pilaf ini umumnya dihidangkan pada sebuah piring waji, di mana didalamnya telah ada nasi dan daging yang bersatu dengan kuah.

Chole Bature

Chole ialah semacam kacang yang memiliki bentuk benar-benar memikat dan bisa dijumpai di Negara Barata dengan gampang. Saat sebelum diproses bersama bumbu yang digabung dengan yoghurt, kacang ini harus dipendam sepanjang sepanjang malam. Sedang Bhature adalah roti gendut yang dibuat proses dari penggorengan. Jadi, Chole dan Bhature ialah sajian yang sama-sama lengkapi.

Rasa dari Chole yang sudah bersatu dengan sauce kental dan dimasukkan pada dalam Bhature demikian gurih di mulut.

Naan

Naan ialah panganan roti ciri khas India yang dibuat dari tepung ragi. Bahan itu diproses dalam oven tradisionil dari tanah liat atau disebutkan dengan tandoor. Umumnya warga konsumsi Naan saat jemu melahap makanan dasar. Agar lebih nikmat, mereka menambah lauk lain seperti palak paneer dan ayam tandoori. Ada banyak macam roti Naan, diantaranya ialah Butter Naan. Bahan yang dipakai sama dengan Naan Orisinal, tetapi pada macam ini ditambah mentega dengan jumlah banyak, hingga rasanya lebih renyah dan krispi.

Chapati

Chapati ialah semacam roti yang dibuat dari gandum. Berlainan dengan Naan, adonan Chapati menyengaja tidak dibikin megar. Lain juga dengan Paratha yang lebih tebal dan memiliki struktur berlapis-lapis. Makanan ini juga tidak mempunyai rasa alias tawar karena diproses tanpa ada perisa. Jadi, roti itu dapat jadi pengiring sajian yang lain. Orang India umumnya melahap Chapati bersama paner, lobak atau sayur lain.

Pani Puri

Jika tidak mendapati Chole Bature, umumnya warga India pilih Pani Puri selaku pilihan. Pani Puri kerap dihidangkan bersama kuah yang dibuat dari kombinasi cabai hijau, daun mint, jintan bubuk, daun ketumbar, jahe, gula pasir, air asam jawa, jeruk nipis dan garam. Langkah melahapnya cukup hanya mencelupkan Pani Puri ke dalam kuah itu dan mengunyahnya perlahan-lahan untuk membuat rasa yang spesial.

Halwa

Halwa ialah manisan yang sering jadi selaku sajian penutup untuk warga India. Makanan yang namanya lain Gajar Ka Halwa ini dibuat dari wortel yang diserut lalu jadi puding. Cemilan itu berupa kotak dan dibagian atasnya ada topping almond atau kismis. Hidangan berasa manis ini dapat dikonsumsi pada kondisi hangat atau dingin. Beberapa anak benar-benar mencintainya sebab Halwa memiliki kandungan susu dan tinggi akan serat. Biasanya, Halwa dihidangkan pada Hari Raya Idul Fitri, khususnya oleh warga India Utara.

Jalebi

Untuk pencinta film India, kamu tentu tahu dong manisan populer yang ini. Ya, manisan jalebi. Jalebi sendiri dibikin dari tepung yang dibuat melingkar dan dimasak sampai masak. Kemudian, jalebi dipendam dalam sirup gula sampai permukaan atasnya mengilap dan mengkristal. Jalebi mempunyai struktur yang kenyal dan benar-benar manis. Manisan warna orange bisa dihidangkan dengan hangat atau dingin.

Kulineran dari Negara Anak Benua benar-benar unik, apa lagi umumnya menggunakan bahan berbentuk sayur dan rempah-rempah yang kuat. Dapat dipikirkan bagaimana lezat dan sedapnya makanan India.

Kulineran India benar-benar sangat terkenal nih jadi tidak sulit kok cari makan uniknya di Indonesia. Restaurant-restoran India umumnya sediakan opsi menu masakan terkenal sama seperti yang berada di daftar makanan ciri khas India ini. Yok coba konsumsi makanan India ini!