Makanan Ciri khas Jepang

Makanan Ciri khas Jepang

12 Makanan Ciri khas Jepang Ini Paling Nikmat Favorite di Indonesia

Kecuali populer keelokan bunga sakura dan gunung Fuji-nya, Jepang rupanya mempunyai ciri hidangan Makanan khas Jepang yang unik.

Bahkan juga makanan Jepang sendiri telah tumbuh subur sampai ke bermacam Negara, terhitung Indonesia.

Baca Juga: Tempat Makan di Jakarta Yang cozy abis

Kandung nutrisi daqn rasanya yang sedap jadi salah satunya faktanya. Kulineran ciri khas Jepang terbagi dalam banyak sayur, lemak, minyak dan mempunyai bumbu yang kental. Berikut 11 makanan ciri khas Jepang yang terfavorit di Indonesia!

Takoyaki

Takoyaki ialah makanan ciri khas Peluangai dan Osaka yang sangat populer di dunia. Di negeri sakura sendiri, takoyaki ini kerap ditemui di even-even perayaan , festival, dan lain-lain. Takoyaki seperti bola kecil, dengan adonan dari tepung terigu yang diisi oleh potongan gurita. Makanan Jepang ini biasanya dipasarkan berupa set berisi 5-10 buah. Makanan ini umumnya disajikan pada helaian plastic yang berupa perah. Keunikan takoyaki ini mempunyai struktur yang gurih dibagian luar dan berasa halus dibagian dalam. Biasanya takoyaki dihidangkan dengan mayonnaise dan sauce tomat.

Ramain

Mie Ramain dapat disebutkan selaku makanan ciri khas Jepang paling populer, yang telah memasuki sampai ke beberapa kota kecil di Indonesia. Ramain ialah kulineran berbentuk mie Jepang dengan bermacam jenis topping yang unik diperlengkapi air kaldu dari miso. Kecuali kuah miso, ramain dapat dihidangkan dengan kaldu shio dan shoyu yang demikian ciri khas. Makanan ramain Jepang umumnya dikonsumsi dengan bermacam variasi kuah kaldu, topping, potongan daging, dan potongan daun bawang. Tamen Indonesia biasanya menggunakan topping yang sesuai lidah warga Indonesia, seperti ceker ayam, baso, dan sosis. Sesaat untuk kuahnya sendiri, tidak cuman kuah miso saja, tetapi kuah rempah, kuah kari, dan asam manis yang disamakan dengan kepedasannya.

Kari Jepang

Kecuali India yang mempunyai kari, Jepang mempunyai hidangan kari ciri khas Jepang. Kari Jepang sudah pasti berlainan dari kari India, memiliki struktur lebih halus dengan rasa yang tidak begitu pedas. Bahkan juga sebab kesedapan rasanya, kari Jepang kerap jadi selaku makanan tradisionil ciri khas Jepang. Kari Jepang tawarkan bermacam variasi bahan dan rasa, dimulai dari kari seafood, kari ayam, sampai kari sapi.

Okonomiyaki

Okonomiyaki termasuk juga makanan Jepang yang telah populer dengan rasa yang tidak perlu disangsikan kembali. BIasanya okonimyaki ini dikonsumsi bersama rekan dan keluarga. Untuk bikin hidangan kulineran ciri khas Jepang ini sesungguhnya benar-benar simpel, Anda perlu membuat omelette lalu tambhakan sapi, ayam, sayur, dan seafood. Kecuali sedap dikonsumsi, okonomiyaki memiliki kandung nutrisi tinggi karena ada beberapa sayur didalamnya, seperti kubis, wortel, dan lain-lain. Makanan ini benar-benar pas dihidangkan bersama sake bila Anda mengkonsumsinya di Jepang.

Onigiri

Beberapa warga Indonesia pasti sudah kerabater dengan onigiri, sebab makanan ini banyak di Indonesia. Disamping itu untuk pecinta anime dan komik Jepang sendiri, Anda pasti kerap menyaksikan onigiri. Rasanya benar-benar sangat nikmat, langkah pembikinannya juga benar-benar simpel. Onigiri tawarkan banyak variasi rasa, dimulai dari telur ikan, asam, sampai daging ikan. Onigiri ini umumnya dikonsumsi dengan hidangan bumbu spesial agar lebih nikmat dikonsumsi.

Soba

Soba adalah mie ciri khas Jepang yang dibuat dari soba atau tepung gandum kuda. Menurut bahasa Jepang sendiri, Soba berarti mie telur yang dari Tiongkok dan diolah jadi ramain atau yakisoba. Setelah direbus, soba lebih dahulu dibikin bersih sama air lalu didinginkan, sebelumnya terakhir disajikan. Soba dimakan setelah di celupkan pada kuah yang umumnya dikatakan sebagai tsuyu.

Yakiniku

Makanan Jepang ini sesungguhnya adalah makanan ciri khas dari Korea, tetapi selanjutnya diadaptasi di Jepang dengan bumbu yang unik. Dengan bahasa Jepang, Yakinku berarti daging yang diproses dengan dipanggang. Sesaat dalam pengertian yang luas, makanan ini meliputi bermacam jenis masakan, dalaman atau daging sapi panggang, seperti barbeque, daging domba panggang, dan bistik.

Sashimi

Makanan ciri khas Jepang yang telah populer di tanah air yang lain ialah Sashimi. Makanan khkas Jepang ini adalah makanan laut yang fresh tanpa ada diproses lebih dahulu lalu diiris-iris dan dicicipi dengan sauce kecap asin. Berlainan dari Sushi yang bukan berbentuk ikan mentah, tapi nasi yang sudah dicukai lalu digabung oleh beberapa bahan yang lain dengan olahan atau diolah lebih dahulu, bergantung kemauan. Umumnya sashimi yang sedap dipastikan dari kesegaran makanan laut dan kesempurnaan dari langkah mengirisnya.

Mochi Jepang

Mochi adalah kue ciri khas Jepang dari adonan beras ketan yang ditumbuk sampai lekat dan memiliki tekstur halus, lalu dibuat sampai jadi bundar. Kue mocha sering dikonsumsi waktu perayaan tahun baru atau michitsuki di Jepang. Namun,kue ini sesungguhnya dipasarkan dan dapat didapat di pusat toko kue di Jepang selama setahun. Mochi mempunyai cita-rasa ciri khas yang halus saat pertamanya kali dikonsumsi, tetapi lama-lama berasa lekat. Di Indonesia sendiri, kita dapat mendapati kue mocha ciri khas kota Sukabumi yang berisi kacang didalamnya. Dibungkus memakai keranjang bamboo dan banyak dibeli selaku oleh-olehan ciri khas Sukabumi atau Cianjur.

Yakitori

Makanan Jepang populer yang lain ialah yakitori. Yakitori adalah sate ciri khas Jepang yang umumnya menggunakan daging ayam. Kombinasi potongan daging, jantung, hati, kulit dan ampela dipotong memiliki ukuran kecil untuk sekali gigit, selanjutnya ditusuk menggunakan tusukan bambu, selanjutnya dibakar di atas api atau gas. Tiap tusukan yakitori umumnya cuman berisi semacam sisi dari ayam, misalkan untuk 1 tusuk yakitori terdiri dari 3-5 daging ayam potong tanpa ada digabung oleh jantung atau hati. Selaku macamnya, makanan ini ada yang digabung dengan jamur shiitake dan daun bawang selaku pendampingnya. Ada juga yang menambah daging burung gereja atau burung kecil yang lain berupa utuh dan tidak berupa potongan.

Sushi

Sushi adalah makanan ciri khas Jepang paling unik, populer dan mempunyai cita-rasa paling nikmat. Makanan Jepang ini terdiri dari nasi yang sudah dibuat dengan lauk, terbagi dalam sayur, daging, dan makanan laut mentah atau masak. Nasi sushi mempunyai rasa masam dengan struktur yang halus. Ini karena sushi diberi bumbu oleh kombinasi cuka, gula, garam, dan beras. Kecuali mempunyai cita-rasa yang sedap, Sushi memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sekali. Tidaklah aneh bila makanan ini jadi salah satunya makanan terenak di dunia.

Di Indonesia sendiri telah menyebar restaurant Jepang yang mendatangkan menu makanan yang ini. Walau terbagi dalam bermacam variasi, tetapi Sushi tidak pernah lepas dari yang bernama nori atau rumput laut ciri khas Jepang. Anda bisa juga mencicip variasi sushi yang ada di restaurant-restoran Jepang, seperti California roll, rainbow roll, dan salmon sushi.

Dorayaki

Mengenal dengan makanan kesukaannya Doraemon ini? Kamu yang menyukai menonton seri kartun ini tentu tahu dengan makanan satu ini. Dorayaki berupa bundar, adonannya serupa seperti pancake. Kekhasan dari kue ini berada pada isinya yang unik, yaitu berisi kacang merah. Tetapi di Indonesia, dorayaki diubah jadi isi keju dan coklat.