Hidangan Tradisional Ala Sunda

19 Hidangan Tradisional Ala SundaHidangan Tradisional Ala Sunda adalah beraneka jenis kuliner yg akan kita bahas di dalam artikel tersebut dengan lengkap dan jelas.

Hidangan dari INdonesia adalah salah satu negara dengan taradisi kuliner yg terkenal hingga ke penjuru dunia, dan memiliki berbagai macam rasa yg lezat. Kekayaan jenis makanannya adalah cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusantara.

Hampir semua menu di indonesia menggunakan berbagai macam rempah – rempah yang di manfaatkan dalam memasak dan di masak dengan metode khusus dari berbagai daerah. Baca juga: Hidangan Khas Swiss Tourism Yang Unik

Hidangan Lezat Tradisional Ala Sunda

Salah satu area di Indonesia yg terkenal akan keragaman makanannya merupakan Jawa Barat. Salah satu area di Indonesia yg bernama SUnda tersebut mempunyai berbagai macam menu asli yg sekarang dapat di temui di berbagai tempat di Indonesia. Tidak menherankan apabila Jawa Barat di nobatkan sebagai slah satu tempat kuiner yg di gemari oleh masyarakat Indonesia.

Apa saja sih hidangan asli Sunda yg terkenal akan cita rasanya yg lezat? Berikut beberapa hidangan asli Sunda yg melegenda, dilansir dari beraneka sumber:

Karedok

Karedok merupakan makanan  khas Sunda yg sekilas mirip dengan gado-gado. Banyak orang yg beranggapan bahwa menu makanan yg satu ini berasal dari ibu kota Indonesia, akan tetapi sebenarnya masakan tersebut berasal dari Sunda.

karedok di hidangkan menggunakan berbagai macam sayur menggunakan sayu kacang yang memiliki rasa pedas.

Karedok tersebut di hidangkan dari sayuran yg mentah dan tidak diolah yg sehat untuk disantap, khususnya untuk Anda yg ingin menjalankan program diet. Dan Karedok memilki rasa unik yg menjadi perpaduan antara kencur dan juga kacang.

Sayur yg di pakai untuk memasak karedok ini bermacam – macam seperti:

  • timun
  • tauge
  • kacang-kacangan
    terong hijau kecil
  • kubis
  • basil
  • Dan sayur tambahan sesuai selera

Ada perbedaan antara gado-gado dengan karedok. Kalau gado-gado memakai sayuran yg sudah direbus, karedok memakai sayuran yg masih mentah. Di daerah sunda, menu karedok tersebut di kenal sebagai lotek mentah untuk orang Sunda. Karedok akan cocok di makan bersama kerupuk, nasi panas, dan sebagainya.

Lotek

Selain karedok, ada satu lagi makanan khas Sunda yg mirip dengan gado-gado, yaitu lotek. Tapi kalau berdasarkan tampilan dan bahan pembuatan, lotek lebih cenderung mirip pecel asli Jawa. hidangan tersebut berupa sayuran rebus yg disiram dengan rempah kacang. Di Sunda, lotek menjadi hidangan yg digemari banyak warga.

Lotek tersebut menggunakan sayur yg mirip dengan gado-gado seperti:

  • Kangkung
  • Kembang Kol
  • dan Tauge, dsb.

Dan ada beberapa sayuran yg harus ada di menu ini seperti:

  • bayam
  • kacang panjang
  • kapri
  • daun kacang kedelai

Sayur yg di gunakan di cacah lalu di siram menggunakan rempah bumbu yg di tumbuk, lalu di tambahkan dengan kencur yg membuat rasanya menjadi unik.  Lotek pada umumnya di hidangkan menggunakan lontong ppotong dan dapat jiuga di nikmati menggunakan kerupuk udang.

Bakakak Hayam

Bakakak hayam adalah menu hidangan utama yg dapat di temukan di Sunda dengan mudah. SEbagai salah satu menu asli dari sunda ini terdapat orang yang menganggap hidangan tersebut menjadi unik dan juga lucu, bagi mereka yg mendengar nama makanan ini.

Pada umumnya masyarakat sunda terutama di aerea pandeglang, menu asli dari Sunda ini menjadi makanan yg di hidangkan dalam acara adat, pernikahan, dan berbagai acara adat lainnya.

Kuliner yg satu ini merupakan makanan yg memakai bahan utama ayam dan menggunakan rempah khusus yg memiliki cita rasa ala Sunda dan di masak dengan cara di panggang.

Ayam yg di hidangkan adalah satu ekor ayam utuh sehingga bisa disantap untuk beberapa orang sekaligus, hampir mirip seperti ayam ingkung. Bakakak hayam bisa di hidangkan bersama dua macam pilihan sambal, seperti sambal merah dan sambal hijau. Selain menggunakan sambal, menu ini juga dapat di santap bersama lalapan.

daging empal Gepuk Daging Sapi

daging empal atau gepuk daging sapi merupakan hidangan yg sangat terkenal di area Sunda, Jawa Barat. hidangan tersebut bahkan menjadi salah satu menu hidangan wajib yg banyak tersaji di restoran-restoran Sunda. Sperti namanya, menu ini menggunakan daging sapi yang di potong tipis dan di gepuk hingga dagingnya lembut.

Setelah daging menjadi datar, daging tersebut di beri bumbu dan di lanjutkan ke proses  selanjutnya agar bumbunya menyerap ke dalam daging. Daging yg telah diungkep biasanya mempunyai tekstur yg empuk. Setelah dagin menjadi empuk, daging tersebut lalu di masak dengan cara di goreng dan bahkan dapat langsung di makan.

Hidangan tersebut memang banyak dijual di restoran, rumah makan dan bahkan di pedagang kaki lima. Hidangan daging empal tersebut cocok disantap kapanpun dan dimanapun. Dan apabila di makan bersama nasi hangat dan berbagai macam tambahan lainnya, makanan ini  akan menjadi lebih nikmat.

Mi Kocok

Mi kocok merupakan menu asli sunda yg di olah menggunakan mi kuning dan di makan bsersamaan dengan kaldu sapi sebagai kuahnya. hidangan tersebut banyak di jumpai di kawasan Bandung.

Dan Mi kocok umumnya tersaji bersama tauge yg sudah direbus, bakso, irisan kikil, jerk nipis, dan taburan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Asal mula nama mi kocok merupakan dari proses memasaknya. Mi itu di olah dengan ccara di kocok menggunakan wadah khusus sambil di tiriskan dari air panas. Mi kuning yg digunakan mempunyai ukuran yg pipih dengan tekstur lembut.

Untuk memakan mi kcock ini, ada beberapa orang menggunakan keca manis dan juga sambal di dalam kuahnya.  Mie kocok tersebutmemiliki berbagai macam variasi yang dapat kalian coba.

Sate Maranggi

Sate maranggi merupakan sate yg berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Untuk Sate maranggi memakai daging kambing atau daging sapi sebagai bahan utamanya. Dan Sate ini juga dapat di temui di cianjur selain di purwakarta.

daging empal Gentong

daging empal gentong berbeda dengan daging empal gepuk. Kemiripan dari dua menu asli sunda itu memang menggunakan bahan utama daging. daging empal gentong merupakan salah satu hidangan asli area Cirebon, Sunda Jawa Barat.

Daging Gentong tersebut adalah menu yg mirip dengan gulai dan memiliki daging cincang dari sapi dan menggunakan santan sebagai kuahnya. daging empal gentong biasanya dimakan dengan lontong atau nasi dan di hidangkan dengan cabai bubuk. Cita rasa yg ditimbulkan oleh daging sapi sangat spesial. Hal tersebut wajar ada karena saripati rempah daging empal melekat di dalam gentong tersebut.

Dan itulah beberapa pembahasan tentang Hidangan Tradisional Ala Sunda.